Rabu, 24 Juli 2013

Memanjakan Mata di Kepulauan Seribu yang Mempesona

Pulau Bira Kepulauan Seribu | sumber infojktcom

Mendengar pertama kali tentang kepulauan Seribu semasa kecil yang dulunya masih termasuk wilayah kota Jakarta utara, tersirat dipikiran saya mungkin pulaunya ada seribu dan tidak berpenghuni cuma dijadikan objek wisata saja.Ternyata apa yang saya tahu sejak kecil diluar perkiraan, kepulauan Seribu kurang lebih hanya terdiri dari 111 pulau dengan luas wilayah daratan 8,76 km2 (875,55Ha) yang merupakan gugusan pulau-pulau terumbu karang yang terbentuk dan dibentuk oleh biota koral dan biota asosiasinya (seperti: algae, malusho, foraminifera dan lain-lain) tentunya dengan bantuan proses dinamika alam.

Kepulauan Seribu tentunya berpenghuni walaupun tidak semuanya dan saat ini sudah berdiri sendiri menjadi kabupaten Administrasi kepulauan Seribu dengan 2 Kecamatan dan 6 Kelurahan sedangkan yang menjadi pusat pemerintahan kepulauan Seribu berada di Pulau Pramuka (Ibukota kepulauan Seribu) dengan jumlah penduduk sekitar 20.000 orang yang tersebar di 11 pulau.  Menurut sumber pemda kepulauan seribu www.pulauseribujakarta.net
  
Kapal Menuju Kepulauan Seribu | sumber bprascom

Kenapa Pilih Wisata Kepulauan Seribu?

Kepulauan Seribu sebagai pulau dengan keindahan alam yang masih asri, laut yang berwarna biru dengan pantai berpasir putih dan ekosistemnya yang indah sekaligus banyaknya fasilitas yang tersedia, tentunya Kepulauan Seribu menawarkan wisata bahari dan wisata keluarga yang menyenangkan jadi sayang kalau dilewatkan, sebagai warga yang tinggal di Jakarta kepulauan Seribu bisa menjadi pilihan berwisata yang tidak terlalu jauh hanya butuh beberapa jam bahkan menit saja tergantung transportasi yang digunakan bisa menggunakan perahu nelayan atau perahu Tradisional, maupun Speedboat tergantung saku kita :)  karena kepulauan seribu terletak di sebelah utara Pantai Jakarta atau tepatnya di teluk Jakarta laut Jawa, jadi yang ingin berwisata kepulauan Seribu bisa memilih lokasi pemberangkatan yang diinginkan bisa melalui dermaga wisata Marina Ancol, atau pelabuhan Muara Angke dan Tanjung Pasir wilayah Tangerang untuk jadwal pemberangkatannya pun tidak setiap saat ke semua pulau ada, jadi kita harus tentukan tujuan mau kepulau mana terlebih dahulu.

Snorkeling | sumber flickrcom

Fasilitas yang tersedia

Sebagian Pulau yang sudah berpenghuni tempat-tempat seperti penginapan, resort, penyewaan sepeda dan lain sebagainya sudah tersedia dan terdapat juga fasilitas untuk menyelam (diving) atau Snorkeling yang bisa disewa, bahkan permainan seperti banana boat, Jetsky, Canoe, sudah ada. Tentunya dengan fasilitas yang tersedia akan memanjakan wisatawan yang ingin berlibur semakin mudah dan menyenangkan, ditambah lagi setiap pulau yang ada di kepulauan seribu menawarkan objek wisata yang berbeda-beda.

Pulau-Pulau yang berada di Kepulauan Seribu yang menjadi objek wisata:

Benteng Peninggalan Portugis |sumber bidadariislandcom
  • Pulau Bidadari : Pulau ini merupakan pulau sejarah karena terdapat sisa benteng peninggalan Portugis yang masih berdiri. Selain itu saat ini pulau Bidadari menjadi pusatnya pemerintahan Kepulauan Seribu dan terkadang menjadi transitnya wisatawan yang datang di kepulaun seribu.
  • Pulau Kotok Besar : Pulau ini masih alami, tentunya kicauan burung pun masih terdengar, biawak yang menghuni pulau ini masih dapat dijumpai dan terdapat pohon-pohon bakau yang berderet di tepi pantai dengan pasir putih.
Undersea Tunnel Aquarium | sumber googlecom
  • Pulau Puteri : Pulau ini banyak dikunjungi wisatawan karena hanya di pulau puteri wisatawan dapat mencoba fasilitas Undersea Tunnel  Aquarium, tentunya kita bisa melihat keindahan bawah laut tanpa perlu menyelam atau basah-basahan.
  • Pulau Ayer : Pulau ini merupakan salah satu pulau yang memiliki sumber air tawar di kepulauan seribu dan banyak fasilitas bermain yang di tawarkan baik untuk anak-anak maupun dewasa.
  • Pulau Pantara : Pulau ini sangat cocok buat yang hobi diving atau snorkeling spot, karena air laut yang terlihat bening dengan pantai pasir putih dan terumbu karang yang indah.
Pulau Sepa | sumber Kepulauan-seribucom
  • Pulau Sepa : Pulau ini tidak beda jauh dengan pulau pantara yang menjadi pulau favorit bagi para diver, karena mempunyai pantai dan ekosistem bawah laut yang indah. Selain itu pulau ini juga asik untuk memancing.
Jembatan Cinta | sumber tempatwisatawebid
  • Pulau Tidung : Pulau ini merupakan pulau terbesar di Kepulauan Seribu yang menawarkan panorama terumbu karang, laut yang biru serta pantai berpasir putih dan menjadi pilihan yang wajib dikunjungi bagi wisatawan karena terdapat Jembatan Cinta yang sudah terkenal, Jembatan ini menuju Pulau Tidung Kecil. Selain itu Jembatan cinta menjadi pilihan tempat memotret untuk mengabadikan moment apalagi saat sunset.
Tentunya masih banyak pulau-pulau yang menjadi pilihan wisatawan, tapi kali ini saya hanya membahas beberapa pulau saja dari puluhan pulau yang Indah yang terdapat di Kepulauan Seribu.

Penyu Sisik di Pulau Pramuka | sumber pulauseribu co

Kuliner dan Budidaya di Kepulauan Seribu

Selain menawarkan keindahan alam, Kepulauan seribu juga memiliki kuliner khasnya dan budidaya di setiap pulau seperti halnya Sate Gepuk salah satu makanan khas Pulau Panggang yang terbuat dari ikan tongkol dan kelapa, lalu ada Sate Odol yang terdapat di Pulau Tidung ternyata hanya nama teknik mengolah ikannya saja, yaitu daging ikan yang sudah lunak karena dipukul-pukul dengan alat khusus, kemudian dikorek dan dikeluarkan dari kulitnya. Proses pengeluaran daging inilah yang disebut dengan "diodol-odol". Selanjutnya di Pulau Pari terdapat budidaya Rumput Laut, lalu di Pulau Lancang sebagai penghasil Ikan Teri dan Ranjungan yang menjadi komoditas pulau ini, sedangkan di Pulau Pramuka yang menjadi taman nasional laut kepulauan seribu terdapat penangkaran Penyu Sisik dan masih banyak kekhasan lainnya yang ada di Kepulauan seribu.

Tips Traveling Aman, Nyaman, dan Murah dari saya :
  1. Cari Info sebanyak mungkin objek wisata yang akan kita datangi.
  2. Bergabung bersama komunitas traveling atau pilih agen wisata terpercaya yang sedang mengadakan promo jika ingin menghemat biaya.
  3. Pilih dengan cara rombongan dengan begitu kita tidak perlu repot lagi untuk mengurus perijinannya apalagi berwisata ke pulau, karena semua sudah di urus oleh panitia.
  4. Jangan lupa membawa perlengkapan obat pribadi seperti minyak angin, obat anti mabok, dan lain sebagainya.
  5. Memakai alas kaki yang senyaman mungkin.
  6. Datang lebih awal 30 menit sebelum jadwal pemberangkatan, untuk mengantisipasi hal yang tak terduga.
  7. Jangan sampai lupa membawa kamera untuk mengabadikan moment saat berlibur. Semoga sedikit Tips saya di atas dapat membantu bagi yang ingin berlibur.
Dengan kita tahu potensi wisata yang ada di kepulauan seribu, baik itu objek wisatanya, kulinernya maupun budidaya yang dihasilkan dari setiap pulau, Semoga kepulauan seribu bisa menjadi pilihan wisata bahari yang menyenangkan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Sekaligus sarana dan prasarana yang menunjang untuk kepulauan seribu dapat ditingkatkan khususnya trasportasi dan kelestarian ekosistem yang ada di setiap pulau selalu terawat dan dijaga dengan baik agar kita semua yang berlibur ke kepulauan seribu akan selalu terkesan dan ingin kembali.***

Salam Wisata @cidyrus





3 komentar:

  1. Salam

    berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    http://www.jelajah-nesia.blogspot.com

    BalasHapus
  2. ok mas Agunx, Terima kasih udh mampir, salam Kenal Juga

    BalasHapus
  3. wow keren, blm tercemar kah?

    BalasHapus

Terima Kasih Sudah Mampir di Blog Saya, Semoga Berkesan dan Bermanfaat , Jangan Lupa Untuk Beri Komentarnya