Minggu, 02 Juni 2013

Lomba Mulung Sampah yang digagas Komunitas Peduli Ciliwung


Lomba Mulung Sampah Ciliwung | KPC

Sungai Ciliwung sebagai sumber kehidupan yang terabaikan, tentunya sangat miris mendengarnya apalagi kalau kita main dan melihat langsung kehidupan masyarakat sekitar sungai Ciliwung yang tergantung dari aliran sungai tersebut untuk kebutuhan sehari-hari, sedangkan sungainya sudah tercemar baik dari sampah maupun limbah rumah tangga.
Mungkin masyarakat sekitar bantaran sungai Ciliwung sudah pasrah bahkan memakluminya, dengan kondisi sungai yang ala kadarnya, Melihat hal tersebut saya sendiri terpana kok bisa!! Dengan kondisi tersebut yang sudah di jalankan bertahun-tahun.

Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) Bogor

Melihat keprihatinan hal tersebut, untungnya masih ada masyarakat Bogor yang tergerak dan peduli untuk menjaga bahkan merawat sungai Ciliwung  yang menamakan dirinya Komunitas Peduli Ciliwung ( KPC) Bogor yang memiliki akun FB Tjiliwoeng Dreams, secara singkat berdirinya komunitas ini berawal dari curhatan sesama satu hobi yaitu mancing di sungai yang heran setiap mancing di sungai Ciliwung  tangkapan ikannya ikan sapu terus, sedangkan ikan sapu merupakan hewan "Alien" sebutan teman-teman KPC karena tidak tahu asal usulnya ikan sapu ada di sungai Ciliwung ditambah ikan sapu yang suka memakan telur-telur jenis ikan asli sungai Ciliwung, Membuktikan sungai Ciliwung sudah tercemar dengan keprihatinan hal tersebut akhirnya berdiri lah Komunitas Peduli Ciliwung yang saat ini di koordinator oleh Een Irawan Putra, KPC berjalan secara sukarela dan kebersamaan, dengan berbagai kalangan dari mulai masyarakat biasa hingga mahasiswa.
Dengan konsistensinya komunitas ini yang sudah berjalan lima tahun (2009-2013), KPC ingin mengajak warga sekitar bantaran sungai Ciliwung khususnya yang berada di 12 Kelurahan se-Kota Bogor untuk peduli bersama-sama merawat dan menjaga kebersihan sungai Ciliwung, agar tidak ada lagi yang buang sampah ke sungai. Berita terkini liputan6.com , Pada hari Sabtu 01 Januari 2013 KPC bersama-sama aparatur pemerintah setempat dan teman-teman relawan "Mengadakan Lomba Mungut Sampah Ciliwung antar kelurahan se-kota Bogor" sebagai acara tahunan yang digagas KPC untuk merebutkan trophy bergilir walikota Bogor dan hadiah uang tunai jutaan rupiah, sekaligus menyambut Hari jadi Kota Bogor.

Warga Babakan Pasar - Bogor Tengah

Berita hari ini kegiatan mulung sampah tersebut disambut baik dan sangat antusias oleh warga sekitar sungai ciliwung diperkirakan kurang lebih 2000 warga ikut berpartisipasi mengikuti kegiatan tersebut, saya pun tidak mau kalah untuk ikut berpartisipasi sekitar jam 08.00 pagi saya sudah tiba di lokasi, kebetulan saya memilih di sekitar Pulo Geulis kelurahan Babakan Pasar Bogor Tengah, dimana warganya sangat tergantung dengan aliran sungai Ciliwung untuk keperluan sehari-hari dari mulai mandi, mencuci pakaian hingga membersihkan makanan.

Aktifitas Warga di Sungai Ciliwung

Sampah Plastik Rumah Tangga

Sampah di sekitar aliran sungai ciliwung pulo geulis tidak terlalu parah di banding daerah lainnya, tapi tetap aja dalam waktu setengah jam beberapa karung sudah terisi sampah plastik rumah tangga yang menumpuk di sela-sela bebatuan.

Gotong-Royong Mungut Sampah

Kegiatan tersebut bukan sekedar untuk mendapatkan hadiah semata, tetapi wujud rasa kebersamaan dan gotong royong antar warga sekitar bantaran sungai ciliwung akan tertanam, tentunya dengan kegiatan tahunan tersebut mudah-mudahan warga lebih peduli lagi dengan sungai ciliwung dan malu untuk tidak membuang sampah ke sungai.

Sungai yang menjadi sumber kehidupan makhluk hidup, akan lebih bermanfaat dengan baik apabila kita bersama-sama menjaga dan merawatnya agar kembali sebagaimana fungsinya sungai air yang bening, bersih, tidak berbau sekaligus ekosistem yang berada didalam bisa berkembang biak dengan baik. Semoga lebih banyak lagi yang peduli dengan sungai ciliwung.

Selain kegiatan Lomba Mungut Sampah KPC juga bekerjasama dengan Komunitas Fotografi Bogor (KFB) yang  didukung oleh International River Foundation dan UQISA menyelenggarakan lomba foto dengan tema "Hidup Kami di Sungai Ciliwung". Lomba foto yang masih berlangsung hingga 9 Juni 2013 ini merupakan usaha KPC untuk menunjukkan kehidupan, keindahan dan juga kerusakan yang terjadi di Sungai Ciliwung. Berta Terbaru kali ini selain peduli lingkungan KPC Bogor juga akan menggelar aksi kemanusiaan pada tanggal 9 juni 2013 nanti dengan diadakannya pengobatan gratis dengan menggandeng LSM serta dokter-dokter yang ikut berperan serta dalam kegiatan ini, rencananya dengan target sekitar 1000 warga menurut Koordinator KPC (Een Irawan Putra). Semoga kepedulian lingkungan dan Perjuangan demi kemanusiaan tanpa pamrih teman-teman KPC sebagai perwujudan generasi anak bangsa yang cinta akan tanah airnya. ***

Salam Go Green

Photo by @cidyrus
Lokasi : Pulo Geulis,Babakan Pasar-Bogor Tengah





2 komentar:

  1. Wahhh
    keren banget lombanya. Bermanfaat juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Mas,
      Smoga misi dri panitia lombanya bisa terwujud, dgn tdk ada lagi yg buang sampah sembarangan ke sungai ciliwung

      Hapus

Terima Kasih Sudah Mampir di Blog Saya, Semoga Berkesan dan Bermanfaat , Jangan Lupa Untuk Beri Komentarnya