Selasa, 28 Januari 2014

"Mommychi" Pantau Bumil dan Kesehatan Anak

Launching App Mommychi di fx Senayan

Sebuah perusahaan farmasi terbuka terbesar di Asia Tenggara yang bernama KALBE FARMA, memberikan kepeduliannya kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan kehamilan dan tumbuh kembang anak, kepedulian tersebut melalui sebuah aplikasi mobile dan website yang baru saja resmi  diluncurkan pada 15 Januari 2014 kemarin di sebuah mall di Jakarta yang bernama "MOMMYCHI" aplikasi ini merupakan cara terbaru untuk memantau atau memonitoring kesehatan Ibu Hamil (Bumil) dan kesehatan sang buah hati baik sejak awal kehamilan hingga masa tumbuh kembang anak di usia 1000 hari pertamanya.


Pada saat launching kemarin di hadiri langsung Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Vidjongtius, lalu Ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak dan Remaja dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSU Dr.Soetomo/FK Unair Surabaya, DR. Dr. Ahmad Suryawan,SP.A(K), dan Pusat Promosi Kesehatan Sekretariat Jenderal Kemenkes, dra. Herawati,MA. Tidak ketinggalan juga artis cantik sekaligus brand ambassador Prenagen, Dian Sastrowardoyo yang langsung mencoba aplikasi Mommychi pada smartphonenya.



Menurut dra.Herawati,MA, 1000 hari pertama masa perkembangan anak sangat penting untuk di jaga kesehatannya karena di 1000 hari pertama merupakan masa pertumbuhan sel otak. Sesuai dengan program pemerintah tentang Gerakan 1000 Hari Pertama kehidupan sebagai upaya percepatan pencapaian Milenium Development Goals. Selanjutnya menurut dr.Ahmad Suryawan, 1000 hari petama kehidupan yang berjalan sejak dalam kandungan hingga usia dua tahun merupakan periode kritis yang menjadi masa awal menentukan tumbuh kembang otak anak, sehingga periode ini harus benar-benar terpantau kemampuannya supaya tidak terjadi kegagalan pembentukan sirkuit otak yang berakibat permanen sepanjang usiannya. Selain itu juga, kerja dan struktur Genetik dipengaruhi oleh orangtua, faktor genetik tidak harus diturunkan melainkan harus diperbaiki sejak awal masa tumbuh kembang anak, tapi juga jangan melawan kodrat dan bersifat alami. Untuk itu peluncuran Aplikasi ini menjadi bagian dari kepedulian Kalbe untuk Indonesia lebih sehat dan diharapkan dengan hadirnya aplikasi mobile Mommychi ini juga meningkatkan layanan kalbe terhadap konsumen sekaligus menjadi aplikasi yang terlengkap dan mudah digunakan, ujar Vidjongtius selaku Direktur PT Kalbe FarmaTbk.

Aplikasi Mommychi bisa di download secara gratis di Google Play (Android) dan App Store (iOS) tapi bagi pengguna smartphone BB untuk saat ini Aplikasi belum tersedia. Mommychi merupakan aplikasi online jadi harus terkoneksi dengan internet, sebelum menggunakannya user harus login dan memasukan password terlebih dahulu dimana data bersifat individu dan rahasia, data yang tersimpan aman di server dan bisa dibuka menggunakan gadget dimana saja dan kapan saja.

Mommychi dilengkapi dengan berbagai tools interaktif, antara lain jurnal kehamilan dan anak, pengingat imunisasi yang terhubung dengan kalender device Ibu, grafik tumbuh kembang dengan status gizi dan lain sebagainnya.

3 Fitur unggulan Mommychi, antara lain:
  1. Fitur pada saat kehamilan : Kontrol kehamilan, Jurnal kehamilan, Ensiklopedia Ibu, Namerator bayi.
  2. Fitur Monitoring Kesehatan Anak : Imunisasi, Jurnal kesehatan anak, Deteksi tumbuh kembang anak, Deteksi gejala penyakit, Ensiklopedia anak.
  3. Fitur Umum : Galeri, Direktori, Musik, Games dan Tanya Dokter.
Tampilan App Mommychi menurut saya sangat mudah digunakan dan tidak membosankan karena tiap fiturnya dibedakan dengan warna pada tampilan atau framenya, untuk frame warna Hijau tampilan awal aplikasi atau menu utama termasuk Login, login bisa via facebook juga, selanjutnya user diminta untuk unggah foto untuk foto profil, setelah itu bisa langsung masuk ke fitur yang inginkan yaitu Fitur Kehamilan atau Fitur Anak.

Fitur Menu Utama Mommychi
Untuk fitur Kehamilan dipilih warna Frame Unggu, disini bumil bisa mengontrol kehamilannya yang bisa diisi sendiri kolomnya sekaligus ada fitur baby namerator untuk memilih nama anak baik laki-laki maupun perempuan beserta artinya jadi tidak pusing lagi nanti mencari nama.

Fitur Kehamilan Mommychi
Selanjutnya warna frame Merah, warna ini untuk fitur monitoring kesehatan Anak, dari mulai Pertumbuhan anak, Perkembangan anak, Pertumbuhan Gigi dan Gejala penyakit.

Fitur Anak Mommychi
Fitur Kalbe e-Store

Selain itu pada aplikasi Mommychi selain untuk memonitoring kesehatan Ibu dan Anak terdapat juga fitur tambahan yaitu Kalbe e-Store, yang mana user bisa langsung memesan produk-produk kesehatan dari Kalbe Farma dengan mudah dan praktis. Semoga dengan hadirnya aplikasi monitoring Kesehatan Ibu dan Anak tersebut, Tentunya masyarakat sangat terbantu untuk mencatat dan menjaga kesehatannya baik itu saat Ibu hamil maupun tumbuh kembang anak selain itu aplikasi mommychi bisa membantu kerja dokter dalam memonitoring pasiennya.***

Semoga bermanfaat.
Sumber foto: Pribadi

2 komentar:

  1. Menarik, Apps ini jadi bisa mengontrol segala apa yang diperlukan Bumil dan calon ank, apalagi kalau dari si suami juga mengerti akan hal ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksih Mas Ahmed udah mampir :) , Pastinya suami harus mensupport demi sang buah hatinya....

      Selain untuk mengontrol Bumil & Perkembangan Anak kelebihan dari Apps ini ada fitur tambahan yaitu qta bisa langsung konsultasi dengan dokter via chatting, jd klo males pergi ke dokter bsa langsung konsultasi aja di fitur tsb.

      Hapus

Terima Kasih Sudah Mampir di Blog Saya, Semoga Berkesan dan Bermanfaat , Jangan Lupa Untuk Beri Komentarnya