Senin, 25 November 2013

7 Destinasi Nusantara Petualangan Terios 7 Wonders

Tim Terios7Wonders in Baluran | by daihatsu co id

Petualangan Daihatsu Terios bikin saya penasaran tujuh keliling, Ciusss….Heee.Dari petualangan pertama terios yang bertemakan 'Sumatra Coffe Paradise' tahun 2012 yang begitu keren menurut saya, banyak hal positif dari pertualangan pertama tersebut, yang bisa kita resapi dari mulai kesan dengan penduduk setempat, jelajah khas kopi asli lampungnya dan masih banyak lagi. hingga petualangan terios kedua tahun ini 2013 dengan tema 'Hidden Paradise' tentunya semakin penasaran lagi buat saya petualangan Terios7wonders kali ini yang keliling Nusantara bersama Terios terbaru, emangnya kenapa kang?

Ya, iyalah...dari kedua petualangan tersebut sangat disayangkan saya tidak ada di sana heee #ngarep, kalaupun bisa tentunnya saya harus bolos kerja lagi ( bingung cari alasannya,wkwkwk… ), saya tidak  bisa merasakan langsung sensasi petualangan Daihatsu Terios seri terbarunya yaitu TX , yang katanya "Nyaman, Tangguh, dan Sanggup menjelajahi trek yang ekstrim dan berpasir" (kutip @harismaul) saya sendiri cuma bisa geleng-gelang kepala saat membaca postingan teman-teman blogger yang ikut petualangan Terios7wonders dengan jelajah 7 destinasi di pulau Jawa selama 14 hari dari Sawarna dan berakhir di pulau Komodo.

Coba banyangin sejenak, selama 14 hari mereka menjelajahi 5 Pulau, 9 Propinsi dan melewati puluhan kota maupun kabupaten menggunakan jalur darat dengan mobil Terios, Butuh mental, kekompakan dan semangat tentunya. Salut dan applause buat Petualangan Sejati teman-teman yang ikut dalam jelajah Terios7 wonders. Bravo :)

Masih juga belum terbayang,  Ya sudah saya akan coba mengulas beberapa perjalanan mereka ke 7 destinasi bersama 7 Blogger, 7 Media, 7 driver dan beberapa kru lainnya yang totalnya 24 orang.

Batu Layar Sawarna | by @harrismaul

Hari Pertama yang menjadi awal Petualangan Terios7Wonders yaitu ke Pantai Ciantir Sawarna di desa Sawarna yang berada di daerah Pelabuhan Ratu, Banten. yang menjadi objek wisata pantai sawarna adalah adanya dua buah Batu Besar yang berada di bibir pantai yang disebut Batu Layar yang dikelilingi karang-karang selain itu ombaknya pun pas untuk yang suka surfing, Saya sendiri jadi penasaran pengen kesana. Perjalanan yang telah ditempuh hingga 180 km dari Sentul (Bogor) hingga Sawarna (Banten) selama 6 jam lumayan melelahkan, sekaligus mobil terios baru yang membawa 'Sahabat Petualang' langsung diuji dengan medan yang lumayan berat, tapi terbayar sudah untuk awal petualangan dengan keindahan pantai sawarna.

Perjalanan selanjutnya ke Yogyakarta dihari Kedua menggunakan jalur selatan, sepertinya seru perjalanan tersebut kalau saya ikut bisa mampir untuk mancing ikan terlebih dahulu di Kampung halaman nih  'PARIS' ( Parapatan Ciamis) perjalanan di hari kedua tersebut hanya di habiskan diperjalanan saja, perjalanan darat yang lumayan melelahkan untuk tim Terios7Wonders.

Perjalanan yang lumayan jauh, tentunya memerlukan kendaraan yang prima sekaligus pengemudi yang berpengalaman ditambah dengan kendaraan konvoi pastinya perlu adanya komunikasi antar para pengemudi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Ada beberapa aturan Road Trip yang saya kutip dari salah satu finalis 7 wonders Hidden Paradise, yaitu kang @harrismaul antara lain:
  1. Setiap konvoi harus ada leader yang berada paling depan dan sweaper yang mengikuti paling belakang. min 10 kendaraan.
  2. Setiap kendaraan harus ada alat komunikasi seperti Handy Talkie (HT) untuk koordinasi antar tim.
  3. Jaga Jarak dan Tidak Boleh Sejajar. 
  4. Menyalakan lampu utama saat konvoi dan tidak boleh menggunakan lampu hazard (lampu bahaya) saat konvoi atau hujan sebab penggunaan lampu hazard membahayakan pengguna jalan lainnya karena mereka tidak akan tahu akan kemana arah kendaraan kita saat melaju. 
  5. Perlu ada toleransi yang tinggi terhadap para pengendara lain. 
Jelajah ke kaki Gunung Merapi (lava tour) | by @harrismaul

Hari Ketiga di Yogyakarta dilanjutkan ke desa Kinahrejo, Sleman yang berada di kaki gunung merapi, di sini mobil Terios TX diuji ketangguhan suspensinya dengan jalanan yang treknya ekstrim berbatu dan berpasir (Lava tour). Memang luar biasa daihatsu Terios.

Selain 'Sahabat Pertualang'  Daihatsu berbagi kepeduliannya dengan warga setempat untuk Penanaman 10.000 Pohon yang didukung oleh Pemerintah DIY dan penduduk setempat. Selain itu juga diberikan beasiswa untuk 10 orang anak yatim yang berprestasi di kawasan tersebut.
 
Danau Ranu Pani, Gunung Semeru | by @harrismaul

Hari Keempat hampir sama dengan hari kedua, hanya menghabiskan waktu 13 jam diperjalanan menuju kota Malang. Hari Kelima dilanjutkan ke Desa Ranu Pani, lumajang yang melewati kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Danau Ranu Pani yang menjadi destinasi memiliki luas 4 hektar berada di kaki gunung semeru, yang juga merupakan tempat tinggal Suku Tengger. Hari kelima ini sepertinya semakin seru saya nge-bayangin seperti halnya film layar lebar 5cm, yang menceritakan 5 sahabat naik gunung semeru. dengan udara yang  cukup dingin dari gunung semeru ditambah indahnya bintang dilangit, sekaligus tidur didalam tenda, benar-benar petualangan buat seorang traveling.

7 Terios Sahabat Petualang di Taman Nasional Baluran | by daihatsu co id

Destinasi selanjutnya Hari Ketujuh ke Taman Nasional Baluran yang berada di Situbondo, Jawa Timur memiliki luas 25.000 hektar, taman nasional ini seperti halnya Afrikanya Indonesia dengan Sabananya yang kering. hari Ketujuh ini merupakan hari terakhir jelajah di pulau jawa selanjutnya ke pulau Bali dan NTB dengan menyebrang ke Denpasar- Bali terlebih dahulu sambil beristirahat. Hari Kedelapan dan Kesembilan masih di Pulau Lombok menuju Desa wisata budaya Sade Rembitan yang berada di Lombok Tengah, yang dihuni oleh suku sasak. Salah satu kebiasaan yang turun menurun untuk perempuan suku sasak yaitu harus bisa menenun kain, apabila tidak bisa dia tidak oleh menikah.

Masih di Pulau Lombok, kali ini Tim Terios 7wonders singgah ke Pondok Pesantren Almasyhudien Nahdlatulwathan yang mengelola beberapa sekolah untuk memberikan bantuan buku untuk perpustakaan sekolah dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) Pintar Bersama Daihatsu, bentuk apresiasi yang perlu kita tiru. Selanjutnya mengunjungi destinasi yang tersembunyi di pulau lombok yaitu Pantai Pink, kebetulan sekali saya juga pernah mengulas tentang Pantai tersebut yang berjudul "Lombok Surga yang Tersembunyi", Sebetulnya sesuai dengan tema Terios7Wonders kali ini yaitu "Hidden Pradise" karena di Lombok masih banyak pemandangan alam pantai yang masih asri dan geografis yang masih alami seperti halnya Pantai Pink tadi, Pantai yang belum termasuk wilayah objek wisata pulau Lombok jadi belum banyak orang yang mengetahui, pantai yang pasirnya berwarna merah jambu yang diapit oleh dua bukit kecil, sayangnya jalan untuk menuju kesana masih rusak dan belum adanya penginapan yang dekat dengan pantai.

Hari selanjutnya Kesepuluh ke Sumbawa , dilanjutkan hari berikutnya hari Kesebelas ke Dompu, dimana masyarakat suka melihara kuda liar, untuk diambil air susunya Hari Keduabelas ke Labuah Bajo, lalu Hari Ketigabelas, merupakan destinasi terakhir dari petulangan Terios7Wonders yaitu Taman Nasional Pulau Komodo dan Hari Keempatbelas mungkin hari yang berat untuk kembali ke Jakarta, karena tentunya banyak cerita dan pengalaman yang indah selama menjelajahi 7 Destinasi Nusantara.

Siapa sih yang gak penasaran dengan perjalanan tersebut dan gak iri lihat "Sahabat Petualang" menjelajahi sebagian kecil keindahan alam Indonesia yang tersembunyi. Tapi biarlah waktu sudah berlalu, mungkin kesempatan saya menjelajahi nusantara bersama Daihatsu Terios belum saatnya. Hanya saya dan Terios yang tahu …..heeee #ngarep lagi.

Sebenarnya dari tadi ini yang bikin penasaran buat saya Mobil Terios seri terbarunya dari Daihatsu yang tangguh di segala medan : Terios terbaru ini memiliki 2 varian seri TX dan TS yang masing-masing memiliki dua pilihan tranmisi Otomatis dan Manual.

Daihatsu New Terios
Apa yang membedakan dengan terios seri sebelumnya? saat ini lebih irit 6% dari seri sebelumnya, karena sudah dilengkapi EPS ( Electric Power Steering) dan kompresor AC yang lebih kecil.

Semoga Seri terbaru dari Terios ini menjadi pilihan keluarga Indonesia yang suka dengan petualangan sesuai dengan taglinenya "Sahabat Petualang".***




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Mampir di Blog Saya, Semoga Berkesan dan Bermanfaat , Jangan Lupa Untuk Beri Komentarnya