Sabtu, 05 April 2014

Gangguan Jaringan Indosat Sudah Kembali Normal


Hari Kamis kemarin 3 April 2014, teman-teman blogger pengguna Indosat mungkin sempat kesal seperti saya gak tahu kenapa gak bisa koneksi Internet, lalu saya cek menggunakan ponsel hasilnya sama ponsel pun jaringan  bermasalah (sos), saya pikir hanya di tempat saya saja gangguannya, ternyata gangguan nasional.

Lalu kemarin malam saya mendapat sms dari Indosat yang bunyinya "Pelanggan yth, Manajemen Indosat mohon maaf atas gangguan layanan yang dialami kamis kemarin, saat ini layanan sudah normal kembali, Info CS 100/111". Ternyata benar gangguan kemarin diakibatkan oleh masalah pada sistem jaringan secara nasional baik seluler maupun korporasi berbasis data. Adapun gangguan tersebut  disebabkan oleh error pada IP Router Table (BGP router) ke jaringan internasional sehingga menyebabkan benturan IP Address. 

Saya penasaran kenapa bisa terjadi, setelah saya baca portal media ( merdeka[dot]com ) yang mendapatkan informasi langsug dari Ketua Bidang Keamanan Jaringan APJII ( Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) Irvan Nasrun, "Kejadian yang terjadi di Indosat ini merupakan human error dan bukan hal yang disengaja, kemungkinan kesalahan routing bisa saja terjadi. Dengan kejadian ini otomatis terjadi pembelokan traffic, hal ini menyebabkan jaringan Indosat lumpuh karena dibanjiri trafik dan seluruh ISP yang menggunakan Indosat bermasalah. Baik itu jaringan Internet maupun seluler".

Menurut Irvan yang saya baca di portal media, Sebenarnya kejadian yang terjadi di Indosat ini merupakan hal yang sering terjadi di Internet Global, berdasarkan hasil pantauan bgpmon kejadian ini berlangsung setiap hari, bahkan minggu lalu terjadi hal yang sama di Turki di mana operator telekomunikasi 'membajak' alamat IP milik DNS Sever Google, dan OpenDNS yang berakibat query DNS ke arah DNS server mengalami kekacauan. Selain itu kejadian yang dialami oleh Indosat ini sebenarnya pernah terjadi pada tahun 2011. Bahkan pada bulan November 2012 salah satu operator telekomunikasi di Indonesia karena kesalahan konfigurasi yang dilakukan enginernya menyebabkan Google tumbang selama 30 menit.

Untuk gangguan ini, berdasarkan hasil pantauan bgpmon (monitoring bgp/boarder gateway protocol) yang dimiliki APJII kejadian ini terdeteksi sekitar pukul 01.25 dini hari. Sehingga mengakibatkan terjadinya kekacauan Internet Global di banyak negara. Namun masalah ini dengan waktu cepat tim teknis Indosat bekerja ekstra demi  memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan setianya, kurang dari empat jam sudah dapat diselesaikan pada pukul 03.45 dini hari kamis kemarin.

Aplause untuk tim teknis Indosat yang sudah cepat menangani masalah ini dan langsung mendapat  apresiasi dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet) seperti diberitakan media.  Meski demikian, jika ada teman-teman blogger atau siapa saja baik itu keluraga, kerabat maupun tetangga yang masih merasakan ketidaknyamanan dalam menggunakan layanan Indosat saat ini, dapat memberi tahu dan menghubungi nomor berikut: Maaf Jangan ke nomor saya yah, Bukan Operator :) heee...tapi kesini jika menggunakan nomor Mentari dan IM3 bisa menghubungi 100 sedangkan nomor Matrix di 111 atau bagi pengguna media sosial bisa nge-twit ke @indosatcare atau email: customer_service@indosat.com. Sedangkan untuk Layanan Korporasi, pelanggan indosat dapat menghubungi 021-30008686 atau alamat email corporatesolution@indosat.com dan mobile.corporate@indosat.com.

Semoga informasi yang saya tulis ini bisa membantu teman-teman blogger untuk menjawab kenapa kemarin layanan Indosat sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia mengalami gangguan dan bagi pengguna setia Indosat gak perlu kuatir lagi layanan indosat sudah OK, kembali normal. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Mampir di Blog Saya, Semoga Berkesan dan Bermanfaat , Jangan Lupa Untuk Beri Komentarnya