Minggu, 31 Juli 2016

Wajah Baru Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta


Area Ruang Tunggu Penumpang menghadap Air Field Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta

Mendengar nama Bandara Soekarno Hatta yang berada di Cengkareng -Tangerang, kita tahu merupakan bandara tersibuk dan terpadat di Indonesia yang menghubungkan pengguna jasa penerbangan domestik dan Internasional.

Saya sebagai blogger merasa bangga mendapatkan kesempatan bisa mengunjungi terminal 3 yang merupakan terminal termodern di Indonesia walaupun saat saya dan teman-teman blogger citizen liputan6com kesana, sebagian area masih ada tahap pengembangan akhir, sebelum dibuka secara resmi untuk umum.

 Desain Exterior Terminal 3 Soekarno Hatta
Blogger Sedang Asik Menggabadikan Wajah Baru Terminal 3 Soekarno Hatta di Drop Area

"Terminal 3 yang memiliki luas area 422.803 m2 dengan tinggi bangunan 50 meter murni dirancang oleh arsitek karya anak bangsa dengan sentuhan budaya Indonesia di dalamnya," ujar mantan Direktur Utama Angkasara Pura II, Budi Karya Sumadi saat memberikan sambutan acara halalbihalal bersama blogger.

Budi Karya Sumadi, Ex Direktur Utama Angkasa Pura 2

Rhenal Kasali, Komisaris Utama Angkasa Pura 2 ( berdiri )

Acara Halalbihalal bersama Angkasa Pura II saat itu (17/07) tidak hanya mantan Dirut Angkasa Pura II, Budi Karya namun dihadiri juga Komisaris Utama Angkasa Pura II, Rhenald Kasali dan Penyanyi Lala Karmela sebagai bintang tamu.

" Tidak Akan Orang Indonesia, Menjelek-jelekan Lagi Indonesia, Kalau Melihat Terminal 3 Seperti ini", kata Rhenald Kasali.

Bicara soal bandara, Bandara merupakan gerbang utama kedatangan wisatawan mancanegara datang ke Indonesia, tentunya harus memberikan kesan pertama yang dapat di kenang dan memberikan rasa nyaman dan aman saat tiba maupun sekedar transit di Indonesia.

Melihat hal tersebut menurut saya jawaban kehadiran wajah baru Terminal 3 saat ini. Terminal 3 yang memiliki filosofi : Culture, Nature dan People  bukan lagi sekedar bandara tapi juga representasi gerbang pariwisata Indonesia yang membumi dan mendunia. 
  •  Culture, Desain dan Ornamen yang diterapkan di terminal 3 salah satunya mengadopsi bentuk rumah adat Tongkana,Toraja yang di implementasikan pada tempat checkin. 
  •  Nature, Desain bangunan terminal 3 yang mengusung konsep ecogreen seperti penggunaan air dan penggunaan listrik yang hemat energi. Salah satunya pada ruang tunggu penumpang  yang menggunakan desain kaca, sehingga pemanfaatan cahayanya secara alami  dan lebih terang sekaligus terlihat lebih luas.
  • People, Menampilkan karya seni seniman Indonesia.
Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta menjadi layaknya galeri seni yang menampilkan karya-karya seniman Indonesia. Ada 12 seniman yang terlibat, salah satunya lukisan Sardono W kusumo, 20 lukisan beliau berukuran besar dipajang. Selain itu karya seni Penjor, karya seni Seulawah yakni replika pesawat 45 dengan corak khas Indonesia, dan patung garuda dimana karya-karya tersebut melengkapi karya yang telah ada sebelumnya yakni patung Soekarno-Hatta dan Prasasti.

Patung garuda setinggi 18m dan luas 12m yang berdiri megah diletakkan didepan pintu masuk bandara seakan untuk menyambut tamu ketika datang dan melepas tamu ketika pergi meninggalkan bandara Soekarno Hatta, karya seniman Inyoman Nuarta.

Automatic Checkin Airline, Proses Penerbangan lebih mudah dan cepat

Security Check Point | X-Ray

Checkin Area dengan desain langit-langit megah bergelombang perlambang kemaritiman nusantara


Tidak hanya menampilkan karya seni, Terminal 3 menggunakan teknologi modern terkini guna meningkatkan daya saing bandara Internasional Soekarno Hatta agar dapat lebih baik, yakni :
  • Fully  IBMS ( Intelligence Building Management System ) yang mengatur agar terminal ini menjadi bangunan yang mengusung konsep Eco green seperti misalnya mengatur pengeluaran air, penggunaan listrik dan sebagainya.
  • BHS ( Baggage Hadling System) Level 5 yang bisa mendeteksi bahan peledak atau bom. apabila suatu barang terdeteksi bom,maka akan langsung dimasukkan ke bom blanket untuk kemudian ditindak lanjuti oleh pihak berwenang.
  • ASS ( Airport Security System ) Teknologi CCTV yang dapat mendeteksi wajah penumpang pesawat atau pengunjung bandara yang masukkedalam daftar pihak berwajib. 
  • Rain Water System, Teknologi ini mampu memanfaatkan air hujan sehingga dapat digunakan sebagai air bersih.
  • Recycle Water System, Teknologi ini guna mampu mengolah air toilet untuk kembali lagi menjadi air toilet sehingga dapat menghemat penggunaan air.
  • Sistem penerangan menggunakan teknologi yang mengatur terang dan redup secara otomatis sesuai dengan kondisi cuaca.( Lampu LED )
  • Bagasi menggunakan barcode system, tidak lagi ada yang tertukar.
  • Sistem Parkir FiFo diaplikasikan, sehingga memudahkan penumpang saat parkir.
Nantinya banyak Fasilitas yang disediakan di Terminal 3, seperti  Shopping Center, Restoran, FoodCourt, Fast Food,  Cafe Coffe maupun transportasi transit yakni Kereta penghubung antar terminal 1 dan 2 dan kereta KRL rute manggarai - Soekarno Hatta.



Area Bermain Anak


Ruang Tunggu

Yang menarik dan berbeda menurut saya dari Terminal 3, penggunaan desain kaca yang menghadap ke Air Field seperti yang sudah saya bahas di atas mengusung hemat energi pencahayaan dan Toilet (laki-laki) yang juga menghadap ke Air Field, jadi akan terlihat apabila pesawat akan terbang. Lalu disediakan tempat bermain anak walaupun tidak luas sambil menunggu keberangkatan dan Executive Lounge dengan sofa yang berwarna warni.

Terminal 3 memiliki total 28 Gate, Internasional 10 gates dan 18 gates Domestik. Lalu 6 Area checkin (island) terdiri dari 24 both checkin manual dan 2 Automatic Checkin perisland. Selalin itu, Untuk kapasitas parkir dengan luas 85.578 m2 akan menampung mobil 2400 unit (1200 unit perbuilding) sedangkan motor 1600 unit ( 800 unit perbuilding ).

Semoga dengan kehadiran wajah baru Bandara Internasional Soekarno Hatta Terminal 3 yang menerapkan Kearifan lokal sekaligus menampilkan seni dan budaya Indonesia. Patut menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia dimata internasional, karena telah memiliki bandara dengan kelas internasional terluas, megah, modern dan mutakhir.***

Sumber Foto dok.pribadi & dok Angkasa Pura 2

2 komentar:

Terima Kasih Sudah Mampir di Blog Saya, Semoga Berkesan dan Bermanfaat , Jangan Lupa Untuk Beri Komentarnya